5 WAHANA SEPEDA GANTUNG DAN SEPEDA UDARA DI MALANG INI JADI FAVORIT WISATAWAN

 On Sabtu, 03 Maret 2018  

Sebetulnya ada perbedaan mencolok antara sepeda gantung dengan sepeda udara. Sepeda udara biasa disebut sky bike. Konsep sky bike ini mirip dengan rooler coster. Jadi bentuknya adalah kereta yang hanya di isi 2 orang. Yang membedakan dengan roller coaster adalah tanjakanya. Kalau roller coaster memiliki turunan dan rel naik yang curam. Sementara itu, sky bike ini relnya tidak ada tanjakan yang curam, miriplah dengan rel kereta api, datar-datar saja. Jalanya mulus tanpa hambatan dan lampu merah. Namun sepeda udara berada di ketinggian.
Pembuatan Sepeda Gantung
Wisata Sepeda Gantung
Sementara itu, pengertian sepeda gantung yang paling masuk akal untuk diterima adalah sebuah wahana dimana sepedanya benar-benar digantung. Sepeda gantung tidak menggunakan rel. Dan ini beneran memakai sepeda ontel sebagai alat jalanya. Bukan kereta yang nangkring diatas rel. Jalan rel seperti yang ada pada sepeda angin diganti dengan untaian tali. Ya, lebih miriplah dengan flying fox. Ada beberapa alat yang di pakai untuk belay seperti tali (kernmantel), figure of eight (cincin 8), fork, carabinner, dan seat harness. Yang membuatnya berbeda dengan flying fox hanya pada penggunaan sepeda saja.

Di Indonesia ada beberapa lokasi tujuan wisata yang dikenal memiliki wahana sky bike ini dengan level istimewa. Diantaranya adalah sepeda gantung baturaden, puncak mas, guci, malino, maribaya dan sepeda gantung puspa iptek bandung. Dan Malang juga memiliki wahana sepeda angin serta sepeda gantung yang mesti anda coba. Wahana ini makin digemari para wisatawan sebab menaiki sepeda angin tidak terlalu memacu adrenalin. Jadi untuk orang-orang yang sudah berumur, wahana ini bisa jadi favorit. Dengan naik sepeda angin, kamu akan disajikan keindahan tempat wisata dari atas. Selain itu, tentu saja menikmati destinasi wisata dengan sepeda angin akan menghemat tenaga. Lalu dimana anda bisa menemukan wahana sepeda gantung dan sepeda angin terbaik di Malang, ini dia review kami.


1. Sepeda Udara Selecta


Banyak hal menarik yang bisa kamu peroleh hanya dengan mengunjungi satu tempat ini saja. Pemandangan terbaik tentu saja adalah taman bunganya. Terdapat kumpulan bunga cantik yang disusun secara apik dan beragam seperti Bunga Kana, Krisan, Ajisai, dan masih banyak lagi. Tak jauh bedalah dengan di Keukenhoff Belanda. Dan sepeda angin di selecta merupakan yang terbaik. Dari atas wahana ini kamu bisa melihat indahnya deretan Gunung Welirang, Arjuna, Panderman, dan Anjasmoro yang berdampingan rapi. Menghidup udara di ketinggian begitu segar, terasa oksigen langsung masuk menembus celah paru-paru terdalam. Kamu tak perlu capek putar putar kebun bunga seluas 18 hektare. Cukup duduk manis di dalam kereta. Sepeda angin di selecta ini bisa di naiki dua orang. Sepertinya pas ya kalau dijadikan lokasi untuk katakan cinta, katakan pada gebetanmu, gunung arjunalah saksi kita. Apalagi harga tiket masuk selecta juga murah, sekitar 20-25 ribu saja, cocoklah untuk dompet mahasiswa.

2. Sepeda Udara BNS



BNS menyediakan banyk sekali wahana yang spektakuler. Tempat wisata yang berada di kota Batu ini hanya buka saat malam. Jadi jangan sekali-kali datang saat dzuhur ke tempat ini kalau tak mau jadi pahlawan kesiangan. Dan untuk urusan sepedah udara, bisa di bilang wahana disini cukup membuat bulu bergidik. Ketinggian rel dari permukaan tanah saja mencapai 10 - 15 meter. Dan jangan kau melihat ke arah bawah. Cukup nikmati pemandangan kelap kelip lampu kota Malang dan Batu yang nampak sangat indah. Bentuk sepeda angin ini seperti kereta bola, masing-masing bisa terisi dua orang yang membawa pengunjung mengitari BNS. Ditambah dengan hawa sejuk di kota batu, ditemani gemerlap lampu, oke kami sedikit bisa menebak apa yang kau pikirkan. Kami juga pernah muda.


3. Sepeda Udara Taman Merjosari



Kalau kamu lagi bokek, bisa datang ke taman merjosari. Semua fasilitas di taman ini free access, alias gratis. Dan salah satu yang menarik pengunjung datang kesini apalagi coba kalau bukan sepeda udaranya. Memang sih, kalau dihitung perfomanya, sepeda udara Taman Merjosari masih kalah bagus dengan dua saudara tuanya di atas. Tapi ini gratis gitu lho, siapa yang tidak mau coba. Dan tenang, meski gratis, wahana sepeda angin taman merjosari tetap ada penjaganya untuk menjamin keselematan pengunjung. Di Taman Singha Merjosari yang diresmikan sejak 2016 ini, kamu bisa menemukan Lima sky bike yang berjalan pelan satu arah dengan beriringan. Memang tidak banyak, jadi harap antri ya. Ini bukan acara pembagian daging kurban, semua pasti kebagian. Datanglah ke tempat ini tidak melebihi jam 6 sore pada hari kerja.


4. Sepeda Gantung Coban Rais



Coban Rais adalah nama yang diberikan untuk sebuah air terjun di kota batu. Berbekal air terjun inilah, akhirnya dikembangkan wisata murah meriah bernama coban rais juga. Awalnya sih, kami sedikit kurang sreg datang ke wisata ini. Bayangkan kami ingin melihat air terjun, tapi jarak tempuh dari tempat parkir dengan air terjun sekitar satu jam perjalanan kaki. Tidak ada trasnportasi lain selain otot-otot kaki kita. Dan jalanya juga tidak mudah, kamu mesti melewati hutan, lembah dan sungai-sungai yang tampak tidak ramah. Cocoklah buat kamu yang ingin menjadi ninja hatori atau anak PA yang sudah kecanduan naik gunung. Tampaknya destinasi wisata ini tidak mengajak pengunjung untuk melihat air terjun, sebab banyak wisatawan yang gagal mencapai lokasi dan harus putar balik. Disini kita di ajak untuk melihat Flower Garden yang sangat menarik untuk dijadikan spot selfie. Dan tentu saja sepeda gantung. Sepeda gantung di coban rais benar-benar menggunakan sepeda yang digantung pada seutas carmantel. Jadi ya ngeri-ngeri sedap. Wahana yang disebut Gowes Air ini mempunyai rute se panjang 75 meter dan ketinggian 10 meter.


5. Sepeda Udara Jatim Park II



Terakhir siapa yang tidak kenal dengan wisata satu ini. Koleksi museum satwa bisa di bilang sangat lengkap dan bisa menjadi saran pembelajaran terbaik untuk semua usia. Masuk ke secret zoo, anda akan di paksa untuk berkeliling area 10 hektar lebih melihat berbagai satwa langka. Dan anda tidak usah takut tersesat sebab semua jalan di dalam kebun binatang ini diatur dengan navigasi yang bagus. Di sepanjang jalan kamu akan menemukan nuansa yang berbeda, mulai gurun pasir khas Afrika hingga rawa-rawa tempat buaya berdiam. Di ujung perjalanan, kamu bakal menemukan berbagai wahana yang bisa di coba dengan bebas. Rasakan perutmu di kocok hebat dengan liukan tornado. Getarkan bulu kudukmu dengan sepeda udara dengan lintasan sangat curam dan tikungan tajam yang rasa-rasanya bisa membuat tubuhmu terlempar. Kami juga heran, ini kereta udara apa roller coaster. Dan kereta udara di jatim park II ini bisa di isi dua orang anak-anak diatas 13 tahun atau satu orang dewasa.

Itulah beberapa info mengenai sepeda udara dan sepeda gantung yang wajib kamu coba jika datang ke Batu atau Malang. Kan jarang-jarang juga ada wahana seperti ini di lokasi wisata lain. Dan bagi anda yang tertarik membuat kereta udara atupun kereta gantung, bisa menghubungi kami penyedia jasa pembuatan sepeda gantung dan udara. Anda tinggal memilih mau membuat yang mana.

Sepeda Gantung atau Sepeda Udara

Cara membuat kereta gantung dan kereta udara jelas berbeda karena dari material dan cara kerja kedua wahana ini tidak sama. Sudah pasti, untuk membuat sepeda udara dibutukan biaya yang tinggi. Rel besi sepda udara saja hampir mencapai 2 juta rupiah pe meter. Belum lagi, untuk tower dan keretanya. Tower butuh pipa besi baja galpanis dengan diameter minim 8 inchi dan ketebalan pipa besi 4-5 mm.

Sementara itu, untuk membuat sepeda udara biayanya jauh lebih murah. Apalagi kalau hanya membuat gantung sepeda di tembok. Itu nyaris tanpa biaya. Cuma butuh sedikit keringat. Membuat sepeda gantung wisata yang semi permanen juga tidak perlu pakai tower, cukup pohon yang dipasang Anchore slink sudah bisa. Jadi sangat sederhana. Bisa digunakan sebagai hiburan pribadi ataupun sepeda gantung wisata. Dan untuk lebih jelas mengenai proses pembuatan dan biaya yang diperlukan untuk membangun sepeda gantung maupun sepeda udara ini, silahkan hubungi kami.

Bpk. Subhan
No.HP: 081-853-854-6

Whatsapp Klik: WA-0818538546

5 WAHANA SEPEDA GANTUNG DAN SEPEDA UDARA DI MALANG INI JADI FAVORIT WISATAWAN 4.5 5 Caksub Sabtu, 03 Maret 2018 Sebetulnya ada perbedaan mencolok antara sepeda gantung dengan sepeda udara. Sepeda udara biasa disebut sky bike. Konsep sky bike ini mirip...


1 komentar:

Back to top